You are here
Home > Neuro-Linguistic Programming > NLP Advance > Buku-buku Panduan untuk Terapi Berbasis NLP

Buku-buku Panduan untuk Terapi Berbasis NLP

Menggunakan NLP dalam psikoterapi memerlukan ilmu dan keterampilan yang komprehensif. Mengikuti pelatihan 1-2 hari jelas tidak memadai. Saya selalu menganjurkan setiap kawan yang ingin praktik terapi secara profesional untuk benar-benar mempelajari NLP secara utuh, melalui pelatihan yang komprehensif. Ini sebab kita tidak pernah tahu akan menghadapi klien dengan kondisi seperti apa.

Pelatihan yang saya anjurkan setidaknya adalah NLP Practitioner dan NLP Master Practitioner, dengan durasi minimal total tidak kurang dari 14 hari. Kurang dari itu, saya berasumsi masih banyak materi krusial yang belum dibahas dan dilatihkan secara utuh.

Setelah itu, selesai kah?

Tentu tidak. Pelatihan akan memberi kita pemahaman keterampilan dasar. Dan pelatihan sertifikasi NLP yang ada kini, umumnya memang tidak didesain secara khusus agar lulusannya bisa melakukan praktik terapi secara profesional. Meski banyak menyuguhkan teknik-tekni terapi, sebagian besar peserta umumnya adalah mereka yang ingin mempraktikkan dalam kehidupan sehari-hari. Maka untuk bisa mendapatkan pemahaman yang utuh tentang proses terapi, saya sangat menyarankan rekan-rekan untuk membaca buku-buku NLP yang membahas tentang proses dan teknik terapi secara komprehensif.

Berikut ini beberapa daftar yang saya rekomendasikan:

1.     The User’s Manual for the Brain, Vol.1, Bob Bodenhammer dan L. Michael Hall.

Buku ini adalah panduan menyeluruh untuk materi NLP level Praktisi. Saya sangat sarankan membaca buku ini beberapa kali setelah mengikuti pelatihan NLP Practitioner.

2.     The User’s Manual for the Brain, Vol. 2, L. Michael Hall dan Bob Bodenhammer.

Melanjutkan bahasan Volume 1, buku ini adalah panduan menyeluruh untuk materi NLP level Master Praktisi. Saya sangat menyarankan membaca buku ini beberapa kali setelah mengikuti pelatihan NLP Master Practitioner. Keterampilan yang diajarkan buku ini akan mengangkat materi level Praktisi satu level lebih tinggi.

3.     RESOLVE Model, Richard Bolstad dan Margot Hamblett.

Buku ini, sepengetahuan saya, masih merupakan satu-satunya yang membahas proses langkah demi langkah dalam melakukan terapi berbasis NLP. RESOLVE merupakan akronim dari proses tersebut. Kelebihan lain buku ini adalah penjelasan mengenai riset-riset psikologi yang selaras dengan model dan teknik dalam NLP.

4.     The Structure of Personality, L. Michael Hall, Bob Bodenhammer, Richard Bolstad, Margot Hamblett.

Para penulis buku ini berusaha membedah berbagai permasalahan psikologis dari sisi NLP. Memberikan pembaca sudut pandang yang berbeda dari cara pandang psikologi terhadap masalah-masalah kepribadian. Membaca buku ini, para terapis NLP akan mendapatkan pemahaman yang utuh tentang masalah klien, sehingga dapat menentukan model dan teknik yang tepat untuk membantunya.

Tentu masih ada banyak buku-buku lain yang membahas proses terapi, seperti karya-karya dari Robert Dilts, Steve Andreas, Connaire Andreas, dll. Hanya saja buku-buku mereka memang lebih banyak membahas potongan-potongan pendekatan. Saya rekomendasikan setelah Anda membaca 4 buku di atas.

Leave a Reply

Top