You are here
Home > Neuro-Linguistic Programming > NLP Basic > Kata-kata Para Ahli

Kata-kata Para Ahli

Seri Kenalan dengan NLP #3

Halo, Sobat! Bagaimana mood Anda hari ini?

Jika menyenangkan, ah, tentu Anda bertanya-tanya, apa saja yang sudah Anda katakana kepada diri ini Anda sepanjang hari?

Jika kurang menyenangkan, saya pun jadi penasaran, setelah mempelajari 2 artikal sebelumnya, apa saja hal yang Anda katakan pada diri Anda? Dan bagaimana Anda ingin mengubahnya?

NLP lahir dari sebuah proses bermana modeling. Yakni, mempelajari para ahli, dan berusaha menyusun model dan teknik yang mereka gunakan sehingga dapat menampilkan keahliannya secara konsisten. Dan memahami apa saja yang dikatakan oleh seseorang pada dirinya, adalah salah satu proses modeling juga. Silakan berdiskusi bersama seseorang yang Anda kagumi keahliannya, niscaya akan Anda temukan kata-kata yang tak Anda temukan di orang lain yang rata-rata.

Pada seorang trainer yang saya dapati sangat pandai menemukan bahan cerita saat mengajar, saya pernah bertanya apa rahasia yang beliau miliki. “Di setiap kejadian yang saya temui,” ujarnya, “saya selalu bertanya, ‘Apa wisdom yang bisa saya ambil dari kejadian ini?’”

Sama seperti Anda, saya pun penasaran, bagaimana jadinya kalau pertanyaan tersebut saya terapkan ke diri saya. Setiap kali saya mendapati sebuah kejadian, obrolan, penugasan, saya bertanya, “Apa wisdom yang bisa saya ambil dari kejadian ini?” Dan, ah, Anda tentu sudah bisa menebak, bagaimana banyak pelajaran mengalir untuk bisa saya gunakan dalam berbagai kesempatan diskusi.

Kejadian lain, suatu ketika saya berbincang dengan seorang sales person yang saya tahu berkinerja tinggi secara konsisten. Saat saya tanya apa tips dari beliau, ia menjawab, “Saya tuh nggak pernah jualan kok mas. Pekerjaan saya adalah membantu klien saya untuk mendapatkan solusi atas permasalahan yang ia cari.”

Wow, betapa hebatnya. Saya terpikir, bagaimana mungkin orang tidak percaya padanya, sehingga membeli darinya, sedang setiap saat yang ia lakukan bukanlah menjual, melainkan membantu mencarikan solusi.

Lalu, bagaimana dengan Anda, Sobat? Apa saja keahlian Anda, dan apa saja yang biasa Anda ucapkan pada diri Anda untuk memicu munculnya keahlian tersebut?

Siapa ahli di sekitar Anda yang ingin Anda pelajari keahliannya? Apa saja kata-kata yang sering ia ucapkan untuk menghadirkan keahliannya? Dan, bagaimana Anda bisa menggunakannya untuk diri Anda?

Neuro. Linguistic. Programming. Setiap keahlian merupakan sebuah program yang otomatis. Dan program itu memiliki fungsi neuro dan linguistik. Temukan pemicunya, agar jalinan saraf yang sudah terprogram berjalan dengan sendirinya.

 

Leave a Reply

Top